5 Jenis Cake Jadul Yang Masih Populer Hingga Saat Ini

Cake jadul dikenal sebagai salah satu sajian unik dan menarik di Indonesia. Pasalnya jenis makanan yang satu ini berkaitan dengan kue / atau bahkan bolu yang populer di masa lalu. Meski demikian, bukan berarti bahwa jenis makanan tersebut tidak disukai kembali pada saat ini. Karena pada saat ini pun jenis makanan tersebut masih banyak diminati dan tetap dikonsumsi oleh masyarakat luas.


Berikut ini adalah beberapa jenis cake atau kue jadul yang berasal dari Indonesia yang masih banyak diminati hingga saat ini, di antaranya :


1. Ontbijtkoek


Ontbijtkoek dikenal sebagai salah satu jenis makanan jadul berbentuk roti kuno. Makanan ini berasal dari Belanda dan seringkali digunakan sebagai menu sarapan. Sedangkan bahan utama yang digunakan untuk membuatnya itu terdiri dari gandum hitam juga beragam jenis rempah-rempah yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, jahe, hingga pala. Roti ini memiliki tekstur padat dan hal yang paling istimewa darinya adalah aroma harum yang ditimbulkannya.



Meski demikian, rasa dari roti yang satu ini terkesan hambar. Karena itulah penyajiannya pun selalu disertai dengan olesan mentega sebagai penambah rasa yang dimilikinya. Namun selain jenis roti tersebut ada pula beberapa varian rasa lainnya, seperti halnya roti yang dibuat dengan rasa manis dan varian lainnya.


2. Roti Bluder


Roti bluder adalah jenis roti lainnya yang termasuk dalam jenis makanan atau cake jadul. Meski demikian, keberadaannya masih dan tetap eksis hingga saat ini. Roti ini tampil dengan bentuk seperti jamur dan ia juga dikenal sebagai ikon untuk oleh-oleh khas dari Madiun Jawa Timur.


Pada mulanya jenis makanan yang satu ini termasuk dalam makanan mewah yang ditujukan untuk menyambut tamu kehormatan. Hal ini terjadi pada masa penjajahan Belanda. Dengan ukurannya yang kecil, roti ini kerap kali digunakan sebagai jenis cemilan terbaik untuk melakukan perjalanan.


Rori ini hadir dengan beragam varian rasa berbeda. Ada yang diisi dengan rasa coklat atau bahkan keju di dalamnya. Saat ini jenis cemilan jadul tersebut dapat dijumpai di berbagai toko makanan utamanya toko roti yang ada di Madiun.


Baca juga: Sejarah, Fakta dan jenis Donut dari Berbagai Negara


3. Poffertjes


Jika Anda termasuk salah satu pecinta makanan jadul, maka tentunya Anda tidak akan merasa asing dengan jenis roti yang satu ini bukan? Poffertjes dikenal sebagai satu jenis kue yang berasal ari masa Penjajahan Belanda. Meski demikian, jenis makanan tersebut masih banyak diminati hingga saat ini.


Di Belanda, jenis makanan yang satu ini seringkali disebut sebagai mini pancake. Hal ini berkaitan dengan ukurannya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kue dadar pada umumnya. Sedangkan untuk penyajiannya selalu disertai dengan taburan gula halus, namun ada pula yang diganti dengan menggunakan mentega atau bahkan madu. Sementara itu, untuk rasa yang disajikannya kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lebih lembut.


Tidak hanya itu, kue ini pun lebih cocok untuk disajikan dengan teh hangat dan disajikan pada sore hari. Sedangkan untuk isiannya ada yang menggunakan bahan keju serta coklat yang membuatnya terasa lebih menggugah selera.


4. Spekkoek


Spekkoek sering pula disebut sebagai spekuk adalah nama lain yang digunakan untuk menyebutkan kue jadul dari lapis legit. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan bahkan hingga saat ini pun masih banyak dikonsumsi. Kue ini memiliki tekstur yang padat dan pembuatannya terinspirasi oleh beragam jenis kue khas Eropa yang umumnya ditujukan untuk dikonsumsi bagi para bangsawan.


Sementara itu, untuk pembuatannya sendiri kue ini seringkali dikombinasikan dengan penggunaan remah-rempah. Hal ini berkaitan dengan rasa cinta para penjajah Belanda terhadap rempah-rempah yang ada di Indonesia. Sehingga setiap sajian yang dihadirkan pun selalu dikombinasikan dengan beragam bahan tersebut. Paduan dari rasa manis serta aroma rempah yang kuat menjadikan sajian kue ini lebih menggugah selera para penikmatnya.


5. Roti Gambang


Jenis cake jadul lainnya yang juga dapat Anda temukan dan konsumsi saat ini adalah Roti Gambang. Roti ini tampil dengan bentuk yang unik. Pasalnya ia memiliki tekstur yang sedikit keras. Sedangkan jika dilihat dari tampilan warna yang dimilikinya ia dikenal dengan warna coklat yang dihasilkan dari penggunaan gula merah. Tidak heran jika kemudian roti ini pun memiliki rasa manis yang khas. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, jenis roti ini banyak ditemukan di Kota Semarang. Selain itu, roti ini pun tampil seperti halnya kayu yang digunakan untuk mengganjal kereta.


Baca juga: Lezatnya Roti Sisir, Jajanan Jadul yang Ogah Tersingkir

1 tampilan0 komentar