Kegunaan Daun Pandan Pada Makanan Dengan Segudang Manfaatnya

Pandan merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah ditemui di Indonesia, bahkan mungkin Anda sendiri memiliki tanaman pandan yang berada di kebun atau di sekitar rumah.


Tanaman pandan memiliki banyak kegunaan terutama yang berkaitan dengan pembuatan makanan atau minuman. Bagian tanaman yang dimanfaatkan berupa bagian daunnya. Daun pandan memiliki aroma yang wangi dan sering digunakan oleh masyarakat.


Namun selain memiliki aroma wangi dan cita rasa yang manis, kandungan dalam tanaman yang dapat tumbuh hingga 1-2 meter ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan pandan atau makanan yang diberikan tambahan daun tersebut.



Manfaat Daun Pandan


Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pandan diantaranya:


1. Mengatasi Insomnia

Kandungan tannin pada pandan berfungsi efektif menenangkan saraf. Kandungan tannin ini dapat membantu proses relaksasi tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki gangguan tidur mengonsumsi pandan dapat dijadikan sebagai salah satu solusinya.


2. Menurunkan Risiko Kanker

Sudah menjadi khalayak umum bahwa salah satu penyakit paling mematikan di dunia adalah kanker. Oleh sebab itu, pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker sangat dianjurkan sejak dini.


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan adalah dengan mengonsumsi air rebusan pandan. Tanaman ini memiliki efek antimitotic, apoptosis, dan sitotoksik yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan ini dapat berfungsi efektif dalam membantu pencegahan pertumbuhan sel-sel kanker.


3. Mengatasi Diare

Ekstrak pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba. Efek ini dapat membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Oleh sebab itu, mengonsumsi air rebusan daun ini efektif mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan.


4. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat selanjutnya yang diperoleh dari pandan ialah meredakan nyeri. Manfaat ini diperoleh karena ekstrak daun ini memiliki kandungan antioksidan flavonol yang membantu mencegah peradangan penyebab kerusakan tulang rawan.


Kandungan tersebut juga sangat efektif bagi kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi air rebusan pandan secara rutin dapat membantu meringankan nyeri sendi Anda.


Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa pandan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda dapat merasakan manfaatnya. Cara mengonsumsi yang paling mudah adalah dengan cara minum air rebusannya, namun apabila Anda sudah bosan atau tidak suka dengan cara tersebut, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara lain.


Sebab, saat ini pandan memiliki banyak kegunaan pada makanan, seperti sebagai pemberi aroma wangi, pewarna alami, dan lain sebagainya. Dengan menambahkan pandan pada makanan, Anda dapat mendapatkan kandungan daun tersebut dengan cara yang lebih enak.


Kegunaan Pandan Pada Makanan


Beberapa kegunaan pandan pada makanan adalah sebagai berikut:


1. Pemberi Aroma Wangi

Kegunaan pertama pandan pada makanan adalah sebagai pemberi aroma wangi. Anda hanya perlu membuat simpulan dari daun ini, kemudian simpulan tersebut dimasukkan ke dalam olahan yang sedang Anda masak. Beberapa jenis jajanan tradisional yang cukup populer menggunakan aroma pandan berupa kolak dan bubur kacang hijau. Selain itu, menanak nasi dengan menambahkan pandan juga dapat menghilangkan bau apek pada nasi tersebut.


2. Pewarna Alami

Sebenarnya, pewarna makanan sangat mudah ditemukan di pasaran. Namun, ketika Anda menggunakan pewarna alami dari pandan, Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu sebagai pewarna dan memperoleh manfaat bagi kesehatan. Makan an yang Anda masak pun akan menjadi harum dan menggugah selera. Untuk mendapatkan warna dari daun ini cukup mudah. Anda dapat melakukannya dengan blender atau menumbuk daun, kemudian menyaringnya ke dalam wadah. Setelah itu, pewarna alami siap digunakan untuk berbagai masakan Anda.



3. Pembungkus Makanan

Pandan dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus suatu makanan. Bukan hanya memberikan aroma sedap, membungkus makanan dengan daun ini akan membuat makanan terlihat cantik, dan lebih higienis karena sifat anti bakteri yang dimilikinya. Kue perahu merupakan salah satu contoh dari sederet makanan yang dibungkus menggunakan pandan.


4. Perasa Alami

Pandan memiliki kegunaan lain yaitu sebagai perasa alami pada makanan. Meskipun tidak mempunyai rasa yang tajam, dengan menambahkan daun yang satu ini akan membuat makanan menjadi terasa lembut dan memiliki wangi khas saat menikmatinya.


Bahkan rasa tersebut mirip dengan vanila atau bunga mawar yang juga memiliki rasa lembut dan harum. Kue chiffon menjadi makanan yang paling populer akan rasa pandannya.


Dengan memasukkan pandan ke dalam makanan, Anda dapat memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Selain membuat makanan menjadi lebih nikmat, Anda juga akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari daun tersebut.


Cobain: Kue Pie Susu Pandan Dari Nutaste Cake


Demikian ulasan seputar kegunaan daun pandan semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda semua. Bila anda memerlukan Aneka Cake untuk Berbagai Acara seperti Ulang tahun, Anniversary anda dapat memesan di Nutaste-Cake, Spesialis Klepon Cake di Jakarta.

3 tampilan0 komentar

SHOP

JAM BUKA : 

Mon - Sat: 8 am - 5 pm  ​​

ALAMAT

Jl. Kekeluargaan III No.3A, RT.11/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830

Dapatkan Promo Kami ke email anda

  • YouTube
  • Facebook
  • Instagram

© 2021 by Nutaste Cake. Proudly created by