Mau Kue Nastar Anda Mulus Tanpa Retak? Yuk, Kepoin Cara Membuatnya

Kue nastar seakan menjadi suguhan wajib ketika lebaran, natal, atau libur panjang seperti tahun baru. Kue kering yang satu ini terkenal sangat renyah dan memiliki banyak penggemar. Bahkan, sering kali kue ini dijadikan sebagai cemilan sehari-hari bagi sebagian orang.


Pada dasarnya kue nastar merupakan kue kering dengan bentuk kecil bulat dan biasanya berisi selai nanas. Rasa gurih dengan perpaduan manis dan sedikit rasa asam dari selai nanas selalu berhasil memanjakan lidah dan membuat ketagihan.


Namun, saat ini kue nastar memiliki berbagai varian isi, banyak dari mereka yang sudah mengkreasikan kue kering ini dengan isian selai strawberry, coklat, dan masih banyak lagi.

Untuk mencari kue kering yang satu ini tidaklah sulit karena kue ini banyak tersedia di toko roti, pasar, ataupun super market.


nastar classic

Oleh sebab itu, bagi Anda penggemar kue tersebut Anda dapat langsung menghadiri toko terdekat untuk membelinya tanpa mengalami kesulitan. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan kepuasan lebih dan memberikan banyak variasi, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri Anda dapat memasukan berbagai varian rasa ke dalam kue Anda, sehingga Anda dapat merasakan berbagai macam kue lezat dan nikmat buatan sendiri.


Membuat kue nastar sebenarnya cukup mudah, apalagi saat ini terdapat berbagai macam media yang menyajikan resep untuk membuat kue kering tersebut. Dengan melihat resep yang telah tersedia, Anda dapat membuat kue kering sendiri dengan rasa yang dapat Anda sesuaikan sesuai selera.


Namun, kendala yang sering dialami ketika seseorang membuat kue kering ini adalah bentuk kue yang tidak mulus dan memiliki banyak retakan. Hal ini sering dialami oleh para pembuat kue tersebut dan bisa jadi Anda termasuk orang yang belum berhasil membuatnya menjadi mulus bulat cantik seperti bikinan bakery.

Jika Anda merupakan orang yang sedang mengalami masalah tersebut, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips agar kue yang Anda buat menjadi mulus tanpa retakan. Daripada buang-buang waktu lagi, yuk langsung saja simak tips membuat kue nastar enak dan lezat dan tentunya mulus tampa retakan.


Tips Agar Kue Nastar Mulus dan Tidak Retak


Meskipun sudah mengikuti resep terkadang kue kering yang Anda buat tidak semulus apa yang diharapkan. Mungkin kue yang Anda hasilkan memiliki rasa yang enak, akan tetapi tampilan luar kue tidak sempurna atau retak-retak.


Walaupun hal yang paling penting adalah rasa kue, namun tampilan luar kue juga harus diperhatikan lo. Karena dengan tampilan yang cantik inilah kue Anda menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Hal ini sering disebut dengan istilah dari mata turun ke hati.


Beberapa kesalahan yang sering membuat nastar retak diantaranya seperti kue sudah dioles kuning telur saat dioven, perbandingan adonan yang tidak tepat, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus benar-benar mencari resep yang benar dan akurat.


Apa Saja Tips untuk membuat Nastar Mulus dan Anti Retak:

  1. Gunakan Tepung Berprotein Sedang

  2. Perhatikan Adonan Kue

  3. Oven Kue Tersebut Sebelum dipoles Kuning Telur


1. Gunakan Tepung Berprotein Sedang

Cara membuat kue nastar agar tidak retak dapat diperoleh dengan mengukus tepung berprotein sedang sebelum digunakan. Kukus tepung tersebut dengan kisaran waktu setengah sampai satu jam. Setelah itu, keringkan tepung dengan cara dikipas-kipas atau dengan disangrai.


2. Perhatikan Adonan Kue

Pencampuran bahan dasar seperti tepung, mentega, telur, dan gula harus diperhatikan. Dalam membuat adonan, alangkah baiknya mentega, telur, dan gula dikocok terlebih dahulu hingga mengembang. Setelah mengembang, masukkan setengah tepung hingga adonan tersebut memiliki tekstur seperti karet, layaknya tepung yang terkena air. Jika sudah, matikan mikser lalu masukkan sisa tepung dan aduk dengan garpu. Setelah diaduk barulah adonan dibentuk dengan perbandingan 5:4, 5 bagian kulit dan 4 bagian isi. Dengan begini, Anda dapat membuat kue yang mulus dan halus di permukaannya.


3. Oven Kue Tersebut Sebelum dipoles Kuning Telur

Karena adonan kue ini merupakan adonan yang mengembang, maka ketika dipanggang akan mengembang hingga retak. Oleh sebab itu, panggang adonan hingga setengah matang dan telah mengembang semua (retak), kemudian oles dengan kuning telur. Kuning telur yang dioleskan akan menutupi retakan, sehingga membuat nastar yang Anda buat terlihat mulus. Ketika mengoles kue, gunakan kuas yang lembut agar tidak merusak kulit kue. Oles secara merata kemudian oven hingga matang.


nastar crumble cake

Mengetahui kesalahan dan cara menghindarinya menjadikan kue nastar buatan Anda menjadi cantik, anti retak, dan tentunya semakin menggugah selera. Dengan begini, nastar buatan Anda akan menjadi rebutan banyak orang. Demikian beberapa tips untuk membuat nastar mulus dan anti retak. Semoga bermanfaat.


Bila anda mau mencoba Kue unik Kami Nastar Crumble Cake, anda bisa langsung pesan di situs ini. Kami juga menyediakan aneka kue yang cocok untuk digunakan di berbagai acara seperti Kue Ulang Tahun dan Anniversary.



Baca juga: 10 Fakta Bunga Baby Breath yang Jarang Diketahui.

171 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua